PT Bogor Life Science and Technology

PT Bogor Life Science and Technology (BLST) merupakan satuan usaha komersial di bawah koordinasi IPB University yang didirikan dengan tujuan untuk mengelola aset IPB (TAP 18/MWA–IPB/2003). BLST didirikan pada 17 November 2003 bertempat di Kota Bogor dengan status kepemilikan saham terdiri atas IPB University dengan 24.997 lembar saham (99.99%) dan Koperasi Pegawai Republik Indonesia IPB “Teko Sumodiwirjo” sebanyak tiga lembar. Sejak mulai beroperasi pada akhir 2003 hingga saat ini bisnis yang berhasil ditumbuhkan dan dikembangkan oleh BLST melalui sejumlah anak perusahaan, terbagi tiga klaster yaitu perusahaan berbasis kepakaran dan hasil inovasi IPB University (science based company), berbasis pelayanan kepada masyarakat (service based company), dan berbasis aset lahan serta bangunan (asset based company).

Visi

Menjadi Perusahaan induk IPB berbasis inovasi dan kepakaran terbaik dan terdepan untuk kemajuan industri pertanian, kelautan, dan biosains tropika Indonesia yang berdaya saing dan berkelanjutan.

Misi

  1. Menghadirkan dan mengomersialkan inovasi dan kepakaran terbaik IPB guna menciptakan masa depan industri pertanian, kelautan, dan biosains tropika Indonesia yang lebih berdaya saing dan berkelanjutan.
  2. Bekerja sama erat dan bersinergi dengan seluruh institusi IPB dan lembaga lain dalam dan luar negeri dan proses menghadirkan dan mengomersialkan inovasi dan kepakaran terbaik IPB.
  3. Menumbuhkembangkan kewirausahaan generasi muda sivitas akademika dan alumni IPB serta masyarakat Indonesia.
  4. Memberikan manfaat finansial bagi IPB untuk membangun institusi pendidikan yang berkelas dunia.
  5. Memberikan nilai penghargaan dan apresiasi komersial bagi inovasi dan kepakaran IPB untuk peningkatan kesejahteraan.

Science based Company

Lingkup kegiatan usaha di dalam kategori ini adalah proses bisnis produksi dan marketing untuk produksi berbasis hasil inovasi dan mitra bisnis IPB University seperti bahan pakan tambahan hewan, produksi material biologis vaksin, produksi benih hortikultura, pangan fungsional, pelatihan bersertifikat, konsultan, produksi vaksin flu burung, dan ritel produk sehat alami.

Deretan Perusahaan Anak BLST Grup yang masuk kategori ini diantaranya:

  1. PT Biomedical Technology Indonesia (bio-medicine)
    • bekerjasama dengan Pusat Studi Satwa dan Primata IPB University (PSSP-IPB) sebagai penyedia biomaterial untuk kebutuhan produksi vaksin folio di Biofarma.
  2. PT Global Scholarship Services Indonesia (training)
    • pusat pengembangan keahlian SDM berbasis kepakaran IPB University sebagai upaya mengisi gap akibat missmatch antara latar belakang pendidikan dan dunia kerja melalui kanal ipbtraining.com
  3. PT Botani Seed Indonesia (seed)
    • bergerak dibidang penyediaan benih dan bibit tanaman pangan dan hirtukultura:
  4. PT Serambi Botani Indonesia (retails)
  5. PT Fits Mandiri (functional food)
  6. PT Primakelola IPB (consultant)
  7. PT IPB Shigeta (bird flu vaccine)

Services based Company

Lingkup kegiatan usaha di dalam kategori ini adalah perbankan syariah, penyelenggaraan kegiatan rapat, pameran, katering, tempat pertemuan, penerbitan, percetakan dan pengelolaan kawasan bisnis komersial berbasis sains.

Perusahaan Anak dan Strategic Business Unit (SBU) yang masuk kategori ini diantaranya:

  1. PT Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Bina Rahmah (Islamic rural bank)
    • melayani pembiayaan dan pengelolaan simpanan nasabah berbasis syariah
  2. SBU IPB Convention & Hotel (meeting, convention and exhibition)
    • memiliki 3 buah ballroom dengan daya tampung sampai dengan 3000 pengunjung, 9 ruang pertemuan, 83 kamar hotel dan 10 kamar wisma
  3. PT Penerbit IPB Press (publishing, printing, bookstore)
    • memiliki unit penerbitan buku, percetakan dan toko buku (offline dan online melalui kanal ipbpress.com)

Asset based Company

Lingkup kegiatan usaha di dalam kategori ini adalah pengelolaan mall, hotel dan plaza botani

  1. PT Bogor Anggana Cendekia (BAC) yang lebih dikenal oleh masyarakat Bogor sebagai Botani Square Mall, terletak di jantung kota Bogor, merupakan perusahaan afiliasi dengan kepemilikan saham BLST didalamnya sebesar 20%.
  2. PT Grahawita Cendekia (GWC) atau Hotel Santika Bogor terletak persis disamping Botani Square Mall, merupakan perusahaan afiliasi dengan kepemilikan saham BLST didalamnya sebesar 27%.
  3. SBU Plaza Botani merupakan unit usaha pengelolaan kawasan di depan Botani Square Mall yang meliputi usaha penyewaan ruang parkir, gerai makanan dan anjungan tunai mandiri (ATM).